Potensi bisnis budidaya sapi pedaging

bhumi andhini

Selamat siang sahabat BAFE, kali ini admin mau Share informasi menarik, mari kita ambil peluang besar dari artikel ini. Selamat membaca 🙂

Pertumbuhan ekonomi penduduk Indonesia nyatanya berpengaruh besar pada permintaan daging sapi nasional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerjasama dengan Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (Apfindo), kebutuhan daging sapi tahun depan mencapai 640.000 ton. Jumlah ini meningkat 8,5 persen dibandingkan proyeksi tahun ini yang sebanyak 590.000 ton.

Direktur Eksekutif Apfindo Joni Liano mengatakan, dengan kenaikan kebutuhan daging sapi tersebut, populasi sapi yang siap dipotong seharusnya juga meningkat. Bila tahun ini populasi sapi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging mencapai 3,1 juta ekor, tahun depan bisa melonjak menjadi 3,4 juta ekor.

Sayangnya, peningkatan kebutuhan daging sapi tersebut tidak diimbangi dengan populasi ketersediaan sapi siap potong di dalam negeri. Walhasil, pengadaan sapi dari impor masih belum dapat di rem. “Yang dapat dipasok sapi dari lokal hanya 2,3 juta ekor,” kata Joni, Senin (27/10/2014).

Dengan perhitungan tersebut, Joni bilang, tambahan pasokan sapi yang harus didatangkan dari impor idealnya mencapai 1,1 juta ekor. Melihat kondisi ini, Apfindo menyarankan agar perhitungan indikatif impor sapi tahun depan bisa meningkat.

Sumber : Tribun News

NB :
Konsumsi daging sapi sampai desember 2015 ini telah mencapai 3,1 juta dan negara mengimport daging sapi sebanyak 1,1 juta. MIRIS !

Diproyeksikan tahun 2016, negara akan mengimport kembali daging sapi sebanyak 1 juta. 🙁

Ayoo para peternak, kita wujudkan indonesia SWASEMBADA DAGING SAPI. Bisa, harus bisa, pasti bisa.