Penyakit Antrhrax Pada Sapi

Salah satu penyakit yang menyerang sapi dan mampu menular pada manusia adalah penyakit antrhax. Penyakit ini tergolong dalam zoonosis. Penyakit Antrhax disebabakan karena sapi diserang oleh bakteri Bacillus Anthracis yang masuk lewat air minum dan pakan. Selain melalui dua media ini, bakteri Bacillus Anthracis juga bisa menyerang sapi lewat tanah dan masuk lewat luka atau pernapasan. Apabila musim panas tiba, bakteri ini akan lebih mudah melakukan penyebaran. Apalagi jika sapi sedang kelelahan dan kurang makan.

 

 

Bakteri Bacillus Anthracis merupakan salah satu bakteri yang memiliki daya tahan yang tinggi. Sehingga, cukup sulit untuk menghilangkan bakteri ini dari tubuh si sapi. Penyakit Antrhax tidak mengenal usia dari sapi. Bahkan, bagi Anda yang kurang fit dan berdekatan dengan sapi, Anda juga bisa terserang penyakit yang satu ini. Anda harus lebih berhati – hati untuk berinteraksi dengan sapi yang sudah terserang Penyakit Antrhax. Bakterinya bisa masuk ke tubuh Anda melalui pernapasan Anda. Usahakan untuk mengenakan masker, agar bulu sapinya tidak masuk kedalam hidung.

Ciri – ciri sapi terkena Penyakit Anthrax :

  • Sapi menjadi diare, dikarenakan adanya peradangan di bagian limpa
  • Napasnya tersengah – sengah (putus – putus)
  • Pada bagian perut, akan mengalami pembengkakan
  • Daya tahan tubuh sapi menurun, sehingga sapi sering terkena demam, dan mudah jatuh
  • Di beberapa bagian tubuh terjadi pendarahan. Pendarahan ditandai dengan warna hitam yang biasanya ada pada mulut, lubang hidung, dan lubang anus)
  • Sapi bisa mati mendadak

Apabila sapi sudah terkena Penyakit Antthrax, maka Anda harus melakukan pengobatan sesegera mungkin. Sedangkan jika belum terkena penyakit ini, maka akan lebih baik jika Anda menjaga kebersihan dari kandang sapi tersebut. Pengobatan dan pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah :

  • Melakukan pembersihan, pemeriksaan, dan karantina apabila dalam suatu daerah sudah terkena Bakteri Bacillus Anthracis
  • Jangan melakukan kontak fisik dengan sapi yang sudah terkena Penyakit Anthrax. Lakukan kontak fisik jika diperlukan saja. Karena, kontak fisik mampu membuat Bakteri Bacillus Anthracis masuk kedalam tubuh Anda
  • Memberikan antibiotik dengan spektruk luas seperti Oxytetracyclin, Penisilin G, dan Streptomycin
  • Memberikan vaksin apora avirulen tiap tahun secara berkalan untuk mencegah sapi terkena Penyakit Anthrax
  • Ketika memberi pakan sapi, jangan menyertakan bagian akarnya. Cukup memberikan bagian yang hijau saja
  • Jangan membedah sapi yang terkena Penyakit Anthrax walaupun sudah mati. Jangan memegang bagian tubuh sapi yang terluka pula. Akan lebih aman jika Anda mengubur langsung bangkai sapi atau membakarnya bila perlu

Penyakit Anthrax ini dinilai sangat berbahaya bagi sapi dan bagi para peternak. Apabila Anda salah mengambil langkah, justru Anda akan semakin memperparah keadaan. Sapi tidak akan sembuh dari Penyakit Anthrax, dan Anda juga terserang penyakit ini.

Berbagai sumber.