Pelatihan Bisnis Sapi Potong Hari Kedua

BhumiAndhini.com – Menjadi seorang peternak sapi bukanlah hal yang mudah. Namun dengan cara yang benar ternyata, berternak sapi akan menjadi hal yang menyenangkan. Agar mampu mengelola peternakan sapi seperti yang diinginkannya, seorang calon peternak harus menguasai beberapa teori terlebih dahulu. Untuk itu, Bhumi Andhini Farm and Education memberikan teori yang harus dikuasai oleh para calon peternak sapi.

Teori yang diberikan diharapkan mampu membuat peserta semakin memahami seluk beluk tentang sapi. Untuk memelihara sapi, ada tiga bagian besar yang perlu diperhatikan. Yaitu pengembangbiakan, pembesaran, dan penggemukan. Tujuan dari ketiga bagian ini juga berbeda – beda. Sapi yang siap potong akan dihasilkan dari proses penggemukan.

 

 

“Untuk memilih bakalan atau bibit agar menjadi sapi yang baik, pastikan sapi tidak cacat, dalam kondisi sehat, dan bentuk badannya proporsional,” ujar Pandjono, Ph.D. Dosen di Fakultas Peternakan UGM.

Rupanya, berhasil atau tidaknya tahapan untuk memelihara sapi juga bergantung dari pakan yang diberikan pada sapi. Tidak cukup jika hanya memberikan rumput saja sebagai pangannya. Dibutuhkan nutrisi lain yang berasal dari konsentrat. Bahan untuk membuat konsentrat di masing – masing daerah berbeda – beda. Bhumi Andhini Farm and Education menggunakan kopra, kulit coklat yang sudah digiling, bungkil kacang, dan limbah gandum sebagai sumber protein. Sedangkan sumber energi diambil dari katul atau dedak, tepung roti, onggok, dan singkong.

“Pemberian pakan pada sapi juga memiliki tata cara tersendiri. Ketika sapi mengkonsumsi konsentrat, maka lambung sapi akan mengalami penurunan pH, di mana akan terjadi suasana asam. Untuk menyeimbangkannya, sebelum diberikan konsentrat, biarkan sapi makan rumput atau hijauan terlebih dahulu,” jelas Ilham Akhmadi,SE.MSc selaku narasumber sekaligus CEO dan Founder Bhumi Andhini Farm and Education.

Karena sapi merupakan salah satu hewan ruminansia yang mudah stres, diperlukan beberapa perlakuan khusus untuk mengatasi agar sapi tidak mudah stres ketika akan dipotong. Sapi merupakan hewan yang hidup berkelompok. Sehingga, dalam satu kandang, usahakan terdapat sedikitnya 30 sapi. Penting untuk memiliki rutinitas yang tidak berubah – ubah. Misalnya jadwal membersihkan kandang, pemberian pakan, dan interaksi peternak dengan sapi. Sama seperti manusia, sapi satu dengan yang lain memiliki tingkat daya tahan tubuh yang berbeda – beda. Apabila terdapat sapi yang terserang penyakit, sebaiknya pisahlah sapi tersebut.

Pemberian teori pada 22 Januari 2017 di Hotel Burza ini mampu membuat wawasan para calon peternak bertambah luas. Tindak lanjut setelah pelatihan bisnis sapi potong ini, para peserta akan dimasukkan kedalam sebuah grup media sosial agar bisa terhubung dengan Bhumi Andhini Farm and Education serta alumni pelatihan batch sebelumnya.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya mendapatkan berbagai ilmu baru yang harus saya terapkan di peternakan saya,” ujar Gilbert Wantalangi, yang merupakan salah seorang peserta dari Manado.