Latar belakang.
Salah satu factor penting keberhasilan usaha peternakan adalah kecukupan kuantitas dan kualitas pakan yang diberikan. Pakan adalah semua bahan makanan yang bisa diberikan dan bermanfaat bagi ternak. Pakan yang diberikan pada ternak harus tidak dalam keadaan ruksak (busuk, bercendawan), disukai ternak, bebas dari penyakit, mudah didapat dan harganya murah. Pakan juga harus mengandung zat zat yang diperlukan oleh tubuh hewan ternak seperti air, karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin.
Pada usaha peternakan rakyat, pakan yang diberikan pada umumnya sesuai dengan kemampuan peternak bukan sesuai dengan kebutuhan ternaknya. Pasokan pakan berkualitas rendah merupakan hal yang biasa. Namun jika terjadi terus menerus dalam waktu yang cukup lama maka cara ini akan berpengaruh negatif terhadap produktivitas ternak. Pemberian pakan dimaksudkan agar ternak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sekaligus untuk pertumbuhan dan reproduksi. Pemberian pakan yang baik juga perlu dilakukan untuk memenuhi :
  1. Kebutuhan hidup pokok, yaitu pakan yang mutlak dibutuhkan dalam jumlah minimal. Pada hakikatnya kebutuhan hidup pokok adalah kebutuhan minimal nutrient untuk menjaga keseimbangan dan mempertahankan kondisi tubuh ternak.
  2. Kebutuhan tersebut digunakan untuk bernafas, bergerak dan pencernaan makanan.
  3. Kebutuhan untuk pertumbuhan yaitu kebutuhan pakan yang diperlukan ternak untuk proses pembentukan jaringan tubuh dan menambah berat badan. Kebutuhan untuk reproduksi yaitu kebutuhan pakan yang diperlukan ternak untuk proses reproduksi, misalnya kebuntingan.
Profil Neetafeed.
Konsentrat ruminansia “Neetafeed” adalah konsentrat untuk pakan penguat hewan ruminansia (memamah biak) yang terbuat dari bahan bahan berkualitas yang mempunyai kandungan dan komposisi multi nutrisi yang tinggi dan seimbang serta mudah dicerna oleh ternak. Ditambah dengan multivitamin dan asam amini esensial serta mineral makro maupun mikro yang sangat dibutuhkan oleh ternak untuk menunjang kelangsungan hidup, produksi maupun reproduksi.
Konsentrat ruminansia “Neetafeed” telah teruji secara proksimat dilembaga yang bersertifikasi dan terakreditasi nasional dan dilapangan maupun di kandang lab penggemukan sapi potong (feedlot) maupun pengembiakan (breeding) serta penggemukan domba potong maupun pengembiakan dengan hasil yang sangat memuaskan dan signifikan antara jumlah konsumsi pakan dengan kenaikan berat badan harian/average daily gain (ADG) serta untuk sapi betina induk maupun domba induk menunjukan hasil berupa siklus birahi yang normal dan stabil.
Mengapa memilih konsentrat ruminansia “neetafeed”
Konsentra neetafeed mempunyai kandungan nutrisi yang stabil, aroma yang harum dan ada rasa manis yang sangat disukai ternak. Kandungan multinutrisi yang ada di konsentrat ruminansia “neetafeed” sangat dibutuhkan oleh ternak untuk kelangsungan hidup ternak, produksi maupun reproduksi . Sehingga hewan ternak yang mengkonsumsi konsentrat ruminansia “neetafeed” dengan pemberian yang cukup secara pertumbuhan akan lebih cepat gemuk, reproduksi normal dan stabil, ternak terhindar dari malnutrisi serta kesehatan ternak yang lebih baik.
Dengan slogan komplit nutrisinya, efisien penggunaannya, ekonomis harganya dan menguntungkan peternaknya
Bahwa konsentrat ruminansia “neetafeed” mempunyai kandungan nutrisi maupun asam amino esensial yang komplit dan mutlak dibutuhkan oleh hewan ternak dengan penggunaan yang sangat mudah tidak perlu mencampur dengan bahan lain serta harga yang ekonomis dan terjangkau oleh peternak dibandungkan dengan bahan pakan lain yang biasa dipakai peternak yang hanya mengandung beberapa kandungan nutrisi (misal dedak atau kulit kedelai) dengan kandungan nutrisi komplit yang ada pada konsentrat ruminansia “neetafeed” yang mudah dan efisien penggunaannya dan ekonomis harganya menjadikan ternak cepat pertumbuhannya dan menguntungkan peternaknya.
Fungsi dan manfaat pakan konsentrat ruminansia “neetafeed”
  • Meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan bobot badan
  • Meningkatkan produksi susu
  • Memperbaiki dan menormalkan saluran reproduksi pada sapi betina
  • Memperbaiki saluran pencernaan karena mengandung mikroba yang aktif membantu pencernaan
  • Meningkatkan kecernaan pakan
  • Mengandung mineral makro maupun mikro yang sangat dibutuhkan oleh ternak dan probiotik yang membantu mengefisienkan kebutuhan pakan
  • Rasa dan aroma pakan sangat disukai oleh ternak (palatable)
Cara pemakaian.
Untuk sapi :
· Disesuaikan dengan bobot dan kondisi tubuh sapi. Kira-kira 2%-3% dari bobot hidup.
· Nisalkan bobot hidup 300-400 kg diberikan antara 5-7 kg konsentrat/hari. Pagi dan sore
Untuk domba/kambing :
Pemberikan konsentrat ± 0,5 kg/hari
diperlukan adaptasi makanan untuk hewan yang belum terbiasa diberi pakan konsentrat untuk menyesuaikan kondisi pencernaan pada hewan. Dan diberikan penambahan porsi pakan secara bertahap.
pakan ternak