Mengatur Gaji yang Pas – Pasan

Punya gaji pas-pasan, begini cara mengaturnya.

Salah satu hal yang sering digunakan menjadi alasan sulit untuk menabung adalah gaji yang kecil atau gaji yang pas – pasan. Tidak usah berpikir untuk menabung, untuk bisa bertahan hidup selama satu bulan saja rasanya sudah sangat menyenangkan dan sangat bersyukur. Biasanya ini akan dialami oleh mereka yang ‘ngekos’ atau yang memiliki pekerjaan yang belum mapan.

 

 

Sulit rasanya untuk memprioritaskan kebutuhan ketika seseorang memiliki gaji yang kecil atau gaji yang pas – pasan. Apalagi di zaman sekarang ini, berbagai kebutuhan hidup memiliki harga yang tidak mudah dan terus meningkat. Inilah yang membuat mereka – mereka ini sulit untuk mengendalikan pemasukan dan pengeluaran. Walaupun ada beberapa anak kos  yang sudah bekerja, mereka tidak jarang tetap meminta uang tambahan tiap bulannya.

Sebenarnya, mengatur pemasukan dan pengeluaran bukanlah hal yang sulit jika benar – benar ingin dilakukan. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui kebutuhan yang paling penting dan harus ada setiap bulannya. Cobalah untuk tidak mendengarkan keinginan terlebih dahulu. Biasanya, keinginanlah yang akan membuat dompet jadi menipis. Kalau sudah seperti ini, biasanya tidak ada sisa dana di akhir bulan, dan akan kesulitan untuk menabung.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila ingin bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan baik dengan gaji yang kecil atau gaji yang pas – pasan.

  1. Mengetahui kebutuhan bulanan

Penting halnya untuk mengetahui kebutuhan bulanan yang harus ada. Ini bertujuan untuk mengendalikan pemakaian barang – barang dalam kurun waktu sebulan. Apabila tidak diketahui kebutuhan bulanan, biasanya seseorang cenderung boros untuk menggunakan berbagai barang – barang tersebut.

  1. Membayar Utang

Apabila di usia muda sudah memiliki utang, penting halnya untuk segera melunasi utang tersebut. Tidak peduli apakah utang tersebut kepada teman atau suatu lembaga. Segera melunasinya menjadi salah satu jalan yang harus ditempuh agar dikemudian hari tidak akan membuat Anda menjadi stres.

Setelah menerima gaji, sisihkan 30 % untuk membayar utang. Pastikan orang tua juga mengetahui bahwa Anda memiliki utang. Ini akan membuat pembayaran utang menjadi lebih mudah. Tidak usah malu jika Anda memiliki utang jika alasannya memang masuk akal dan mendesak.

  1. Mengetahui Berapa Pengeluaran Harian

Ini menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan setiap harinya. Pengeluaran harian kerap kali sulit untuk dikendalikan. Terutama hari – hari awal setelah seseorang menerima gaji. Pengeluaran harian disini seperti transportasi, biaya makan, termasuk biaya parkir.

Semua pengeluaran harus benar – benar dihitung untuk mengendalikan dompet Anda. Ini akan mepermudah seseorang untuk mengalokasikan gajinya. Akan lebih baik jika diterapkan anggaran harian. Misalnya dalam satu hari hanya boleh mengeluarkan biaya sebesar Rp20.000 saja.

Berbagai sumber.