Membuat kontruksi bangunan kandang sapi yang baik dan benar

Salah satu kunci sukses dalam beternak sapi potong adalah bagaimana kandang yang Anda buat. Anda harus memperhatikan berbagai hal, sehingga tidak salah ketika merancang kandang sapi, dan membuat kandang sapi. Berikut ini, adalah berbagai hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membangun kandang sapi.

Konstruksi bangunan

Kandang sapi harus memiliki fondasi dan bangunan yang kuat untuk menampung sapi – sapi yang akan diternak. Untuk mempermudah pembersihan kandang sapi, ada baiknya jika Anda mendesain kandang sapi sedemikian rupa, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk membuatnya bersih. Pastikan sirkulasi udara di kandang sapi lancar dan tidak lembab. Ketika kandang sapi yang Anda bangun lembaba, maka akan memudahkan bakteri dan virus berkembang biak. Anda juga harus paham lokasi dimana kandang sapi akan dibangun. Apabila Anda berada di dataran rendah, pastikan Anda memiliki kandang yang terbuka. Namun, jika Anda berada di dataran tinggi, pastikan kandang Anda tertutup, guna melindungi sapi dari udara dingin.

 

 

Lantai

Kriteria lantai yang baik adalah kuat, tidak licin dan tidak kasar, dan tahan lama. Lantai dari kandang sapi harus mampu menopang berat beban diatasnya agar tidak ambles. Anda bisa membuat lantai kandang api dari pasir semen, tanah yang dipadatkan, beton, dan kayu yang kedap air.

Atap

Gunakan bahan seng, genteng, asbes, atau rumbia untuk membuat atap dari kandang sapi Anda. Apabila Anda berada di dataran rendah atau di daerah yang suhunya tinggi, maka lebih baik untuk menggunakan bahan genteng. Setiap bahan memiliki tingkat kemiringan yang berbeda – bedar. 15% – 20% untuk bahan seng atau asbes, 30% – 45% untuk bahan genteng, dan 25% – 30% untuk bahan rumbia. Ketinggian atap pun juga berbeda – beda. Apabila Anda membangunnya di dataran tinggi, maka pastikan atap memiliki ketinggian 2,5 – 3,5 meter. Sedangkan jika di dataran rendah, pastikan atap memiliki ketinggian 3,5 – 4,5 meter

Gang

Gang yang dimaksud disini adalah jalan yang terletak di dua kandang individu. Adanya gang ini untuk mempermudah pengelolaan seperti pembuangan kotoran dan pemberian makan dan minum. Lebar dari gang tergantung pada bagaimana bentuk kandang sapi Anda. Biasanya, lebarnya berkisar 1,2 – 1,5 meter. Pastikan, di gang tersebut, Anda bisa membawa gerobak atau kereta dorong untuk mengangkut berbagai keperluan sapi.

Dinding bangunan

Anda bisa menggunakan kayu, bambu, atau tembok untuk membuat dinding kandang sapi. Pastikan tinggi dinding kandang sapi lebih tinggi dibandingkan tinggi si sapi. Bagi Anda yang membangun kandang sapi di dataran rendah, maka Anda bisa menggunakan bambu dan kayu sebagai bahan dasar untuk membangun dinding. Sedangkan jika Anda berada di dataran tinggi, gunakan tembok. Hal ini dikarenakan intensitas angin di dataran tinggi lebih besar dibandingkan di dataran rendah.

Selain itu, Anda juga harus melengkapi kandang dengan berbagai perlengkapannya. Adalah selokan air, palungan, dan tempat untuk menampunh kotoran.

Berbagai sumber.