Keunggulan yang Akan Anda Dapatkan dengan Beternak Sapi Madura

Sapi Madura merupakan salah satu jenis sapi hasil pembauran dari berbagai tipe sapi potong, yaitu sapi Zebu (Bos indicus) dan sapi Bali (Bos sondaicus). Pejantan yang pernah masuk ke Madura adalah Santa Gestrudis, Red Denis. Kedua jenis sapi tersebut termasuk dalam bangsa Bos taurus. Biasanya ada juga persilangan yang dilakukan antara Sapi Brahman dengan Sapi Shorthorn.

Sapi Madura merupakan salah satu jenis sapi potong dengan tipe yang kecil. Sapi Madura berkembang dengan sangat baik di habitat aslinya, Madura. Terdapat isu yang menunjukkan bahwa karena adanya seleksi negatif, produktivitas jadi menurun. Selain itu, karena adanya faktor inbreeding, membuat pulau Madura merupakan wilayang yang tertutup untuk sapi potong jenis lain.

 

 

Sapi Madura akan tumbuh dan berkembang dengan sangat baik di lingkungan yang kering. Selain itu, daya tahan tubuh Sapi Madura juga sangat bagus. Sehingga, Sapi Madura jarang terkena penyakit. Namun, semuanya ini kembali ke bagaimana pemilik merawat Sapi Madura. Selain itu, sapi ini juga mampu memiliki bobot lebih dari 500 kg. Sapi Madura tidak hanya diternak untuk sapi potong saja. Namun, Sapi Madura memiliki nilai sosial dan budaya. Biasanya, Sapi Madura dilombakan sebagai sapi Sonok dan sapi Kerapan.

Salah satu acara yang sangat khas di Pulau Madura adalah perlombaan balap sapi. Bagi Anda yang sedang berada di Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk mampir ke Pulau Madura, untuk melihat bagaimana ternak sapi disana.

Masyarakat lebih mengenal lomba balap sapi dengan istilah karapan sapi. Anda tidak bisa menggunakan sapi sembarangan untuk ikut perlombaan ini. Jenis sapi yang harus Anda lombakan adalah Sapi Madura. Pemerintah Madura benar – benar menjaga kemurnian Sapi Madura. Bahkan Pemerintah juga mengeluarkan peraturan, bahwa sapi dari luar Pulau Madura tidak boleh masuk. Sapi yang memiliki kualitas yang bagus, adalah sapi yang bisa berlari dengan kencang.

Bagi Anda yang belum bisa membedakan ciri Sapi Madura dengan sapi jenis lain, berikut ini adalah ciri – ciri yang bisa Anda perhatikan untuk membedakan sapi Madura dan sapi jenis lain. Biasanya, warna dari Sapi Madura adalah merah cokelat atau merah bata. Ia juga memiliki tanduk yang pendek dan kecil. Tumbuh dari tanduk Sapi madura, mengarah keluar.

Apakah Anda tertarik untuk beternak Sapi Madura? Berikut ini adalah keunggulan yang akan Anda rasakan ketika Anda beternak Sapi Madura. Walaupun kualitas pakan yang Anda berikan pada Sapi Madura rendah, namun pertumbuhan dari Sapi Madura sendiri tetap baik. Kualitas daging yang dihasilkan juga baik, dan memiliki presentase karkas yang cukup tinggi. Sapi Madura sangat mudah untuk beradaptasi pada lingkungan tropis. Namun, Anda harus berhati – hati, karena Sapi Madura memiliki kecepatan lari yang cukup tinggi.