Keunggulan dan Ciri dari Sapi Brangus

Di Indonesia, bisa ditemukan berbagai jenis sapi. Semakin berkembangnya zaman dan teknologi, banyak pihak yang melakukan persilangan sapi, dengan tujuan tertentu. Selain menambah jenis sapi di Indonesia, persilangan sapi juga dilakukan untuk alasan ilmiah maupun penelitian. Salah satu jenis sapi yang cukup populer di Indonesia adalah Sapi brangus. Sapi ini merupakan hasil persilangan dari sapi jenis Brahman betina (Bos indicus) dan Sapi jenis Angus jantan (Bos Taurus). Sapi Brangus sering digunakan sebagai sapi potong.

Ciri dari Sapi Brangus yang cukup terlihat adalah bentuk tanduknya yang kecil, dan kulitnya yang berwarna hitam. Ciri yang dimiliki oleh Sapi Brangus ini merupakan warisan dari persilangan induknya.

 

 

Komposisi genetik pada Sapi Brangus ialah 5/8 Aberdeen Angus dan 3/8 Brahman. Persilangan ini dilakukan di Oklahoma, Amerika Serikat. Sehingga, bisa dikatakan bahwa Sapi Brangus berasal dari Oklahoma.

Untuk mengetahui lebih jelas dan lebih lanjut, berikut ini adalah sifat dan ciri – ciri fisik dari Sapi Brangus,

  1. Memiliki telinga dan leher yang pendek
  2. Tanduknya kecil
  3. Warna kulitnya hitam
  4. Badan berkomposisi padat dan kompak
  5. Punggungnya tidak bengkok atau lurus
  6. Kakinya kokoh dan kuat
  7. Mewarisi sifat sapi Brahman, yaitu memiliki punuk
  8. Walaupun memiliki kulit warna hitam, Sapi Brangus tetap tahan pada udara panas
  9. Memiliki daya tahan tubuh yang kuat pada gigitan serangga yang seringkali menyebabakan Sapi Brangus terganggu
  10. Jika mutu pakan kurang baik, Sapi Brangus mudah untuk menyesuaikan diri
  11. Persentase karkas dan produktifitas daging tinggi. Hal ini merupakan warisan yang dimiliki oleh Aberdeen Angus.

Keunggulan pada Sapi Brangus rupanya didapat dari perpaduan antara sifat yang bagus dari kedua induknya. Keunggulan dari Sapi Brahman dan Sapi Angus, diturunkan pada Sapi Brangus yang merupakan hasil persilangannya. Keunggulan yang akan Anda dapatkan dari Sapi Brangus adalah,

  1. Badannya bertumbuh dengan sangat cepat
  2. Tubuhnya kompak dan besar
  3. Ketika Sapi Brangus dewasa, berat badannya bisa lebih dati satu ton
  4. Ketika diberi pakan sederhana, Sapi Brangus mudah untuk menyesuaikan
  5. Daya tahan tubuh sangat baik terhadap iklim tropis / panas
  6. Persentase karkasnya tinggi
  7. Produktifitas dagingnya juga tinggi

Satu hal yang membuat Sapi Brangus unik adalah, sapi ini termasuk dalam tipe dwiguna (dual purpose). Sapi ini bisa menjadi penghasil daging, namun juga bisa sebagai penghasil susu. Karkas Sapi Brangus yang ada di Kabupaten Sragen mencapai lebih dari 53 kg. Kualitas daging yang dimiliki oleh Sapi Brangus ialah lemak sebesar 8,8% dan protein sebesar 11,5%. Sapi Brangus juga sudah diberi lebel 14, yang membuktikan bahwa daging tersebut memiliki kualitas yang baik. Untuk susu yang dihasilkan oleh Sapi Brangus sendiri bisa mencapai 4 liter tiap ekor.

Ternyata Sapi Brangus merupakan tipe dwiguna (dual purpose) jadi dapat berfungsi sebagai penghasil daging maupun penghasil susu. Sebagai penghasil daging, karkas Sapi Berangus di Kabupaten Sragen dapat mencapai + 53% dengan kualitas daging : Protein 11,5% dan Lemak 8,8% dengan lebel 14 dan dinyatakan sebagai daging baik (hasil uji Lab. BPPV Yogyakarta) sebagai penghasil susu, induk Sapi Berangus yang baru melahirkan mampu memproduksi susu sampai + 4 liter/ ekor.