Jenis Tanaman Penambah Protein Bagi Pakan Sapi

Banyak peternak menggunakan rumpput jenis leguminosa untuk pakan para ternaknya. Rumput leguminosa ini bisa digunakan sebagai pakan baik untuk ternak non ruminansia maupun ruminansia. Beberapa diantaranya juga dikonsumsi oleh manusia. Kandungan protein yang ada dalam rumput leguminosa ini cukup tinggi. Sehingga, sangat baik untuk kesehatan tubuhnya. Kandungan protein tersebut mampu mencukupi nutrisi yang diperlukan oleh ternak. Selain kandungan protein yang tinggi, kadar air yang terdapat di dalamnya cukup tinggi. Hal inilah yang membuat ternak akan tetap terjaga kesehatannya. Namun, masih banyak peternak yang salah dalam memahami perbedaan rumput leguminosa dan rumput untuk pakan utama.

 

 

Terdapat berbagai jenis rumput leguminosa berdasarkan bentuk dan macamnya. Kandungan yang dimiliki oleh masing – masing rumput juga berbeda satu sama lain. Berikut ini adalah berbagai jenis rumput leguminosa.

  1. Gliricidea Maculate

Gliricidea Maculate yang juga dikenal dengan Gamal, merupakan salah satu jenis pepohonan yang bisa ditanam sebagai tanaman pagar. Daun yang dimiliki oleh tanaman ini mempunyai nutrisi yang sangat penting untuk membantu tumbuh kembang sapi ternak. Untuk pemberian pada ternak, jangan diberikan ketika Gliricidea Maculate masih segar. Layukan terlebih dahulu, sebelum diberikan pada ternak. Hal ini bermanfaat untuk membuat nutrisi yang ada bisa masuk ke dalam tubuh ternak dengan maksimal. Namun, tidak semua jenis rumput memiliki cara pemberian yang sama.

  1. Kaliandra

Kaliandra merupakan salah satu jenis tanaman leguminosa yang bisa Anda temukan di beberapa tempat. Kaliandra sering dimanfaatkan untuk campuran pakan rumput pada ternak. Kandungan protein yang terdapat di dalamnya cukup tinggi. Hal inilah yang membuat Kaliandra menjadi salah satu jenis tanaman yang digunakan pada ternak penggemukan sapi.

  1. Leucaena Leucocephala

Mungkin Anda tidak terlalu kenal dengan Leucaena Leucocephala. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Lamtoro. Leucaena Leucocephala memiliki berbagai macam fungsi. Tidak hanya dijadikan sebagai pakan sapi saja, Leucaena Leucocephala juga digunakan untuk pakan campuran. Kandungan protein yang tinggi membuat Leucaena Leucocephala menjadi salah satu jenis rumput yang disukai oleh ternak sapi.

  1. Desmodium Rinsonii

Salah satu jenis tanaman leguminosa yang memiliki daun yang bulat adalah Desmodium Rinsonii. Tanaman yang juga populer disebut desmodium ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein ini akan berperan dengan sangat besar dalam penggemukan sapi. Tidak sedikit para peternak yang memilih tanaman ini untuk usaha ternaknya.

Jumlah konsentrat yang diberikan tidak boleh lebih banyak dari jumlah pakan utama dari ternak. Pemberian pakan tambahan ini hanya untuk melengkapi kebutuhan sapi yang belum bisa dilengkapi oleh pakan utama. Biasanya, konsentrat yang sering digunakan adalah dedak padi, dedak jagung, bungkil kacang tanah, ampas tahu, dan bungkil kelapa, bungkil kedelai, dan bungkil biji kapok.