Inilah Pengusaha Muda Indonesia yang Menginspirasi Bagian 2

Tidak semua orang bisa menjadi seorang pengusaha sukses di usia yang masih muda. Diperlukan banyak kerja keras dan usaha untuk mewujudkan hal tersebut. Hal ini dikarenakan bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan kesuksesan. Apalagi jika usia yang masih muda.

 

 

Walaupun begitu, bukanlah hal yang tidak mungkin untuk sukses di usia muda. Beberapa anak muda berhasil mewujudkan hal tersebut dan menjadi pengusaha sukses. Ada banyak pembelajaran dan prestasi yang bisa diraih diluar sekolah. Sekolah bukanlah tempat satu – satunya untuk meraih prestasi dan menimba ilmu. Justru, ilmu dari luar sekolah yang diperlukan oleh pengusaha. Berikut ini adalah pengusaha muda asal Indonesia yang menginspirasi.

  1. Yasa Singgih

“Never too young to become a billionaire!”, begitulah prinsip dari Yasa Singgih. Pria asal Bekasi ini berasal dari keluarga yang sederhana. Ketika usianya 15 tahun, pemuda yang mempunyai nama lengkap Yasa Paramita Singgih ini mengalami kesulitan ekonomi. Inilah yang membuat Yasa Singgih berkomitmen untuk menjadi anak yang tidak membebani keluarganya dan mandiri.

Di usianya yang masih 15 tahun, Yasa mencari uang dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan menjadi MC. Ia juga menekuni bisnis lampu hias online untuk membantu perekonomian keluarganya. Sayangnya, bisnis onlinenya ini tutup karena tidak ada kiriman dari supplier. Setahun kemudian, ia bergelut di bidang fashion dan berhasil mempunyai brand Mens Republic. Ia juga adalah seorang pemula yang pernah ditipu dan rugi besar. Namun ia tidak pernah putus asa.

  1. Theresia Deka Putri

Wanita yang sekarang berusia 24 tahun berhasil menghasilkan omset sejumlah 1 miliar dari bisnisnya. Theresia pandai untuk melihat peluang di masa mudanya. Sebelum usia 20 tahun, ia sudah meraih kesuksesan lewat bisnis kopi luwak lanang yang dijalankannya. Momen yang tepat mempermudah Theresia untuk memasarkan produk yang dimilikinya dengan baik.

Saat itu, ia berusaha untuk menemukan produk kopi luwak yang hanya dikonsumsi oleh luwak lanang dan membuat brand itu dalam waktu bersamaan. Jenis produk yang belum terlalu banyak dijual membuat produknya ini bisa menembus pasar Indonesia dalam waktu yang singkat. Bahkan bisnisnya ini sudah merambah ke negara Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan.

  1. Riezka Rahmatiana

Untuk meraih kesuksesannya, Riezka memerlukan usaha yang tidak sedernaha. Pemilik usaha Justmin Pisang Ijo ini, pernah mengalami berbagai kegagalan sebelum ia sukses seperti sekarang ini. Ide berjualan es pisang ijo baru muncul pada tahun 2008.

Hanya perlu dana sebesar Rp150.000, ia sudah bisa memulai usahanya ini. Berbagai hal dilakukan untuk membuat bisnisnya sukses. Seperti menemukan resep yang tepat untuk es pisang ijonya, dan belajar pada pemilik restoran Makassar. Orang tuanya pun menentangnya saat ia akan berbisnis di bidang kuliner. Tekad kuatnya membawa Riezka pada kesuksesan seperti sekarang ini.

Berbagai sumber.