Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencari Kerja

Gaji yang besar menjadi salah satu faktor yang membuat siapa saja tertarik untuk bekerja dalah suatu perusahaan. Setiap pelamar biasanya akan menanyakan soal gaji yang akan diberikan oleh perusahaan tersebut. Tidak hanya itu, apabila perusahaan tersebut dikenal sebagai perusahaan yang memberikan gaji yang besar pada karyawannya, biasanya mereka akan memiliki lebih banyak pelamar dibandingkan dengan perusahaan lain. Sehingga, banyak saingan yang harus dilewati jika melamar di perusahaan ini.

 

 

Namun, perlu diperhatikan bahwa gaji tidak menjadi satu – satunya hal yang harus diperhatikan ketika Anda melamar pekerjaan. Ada berbagai macam hal penting yang harus dilihat saat Anda akan melamar dalam suatu pekerjaan. Ini menjadi salah satu hal yang akan mempengaruhi Anda ketika sudah menjadi pegawai atau karyawan dalam perusahaan tersebut. Banyak orang yang masih menyepelekan hal yang penting ini. Sebelum terlambat, pastika hal ini juga diperhatian selain besaran gaji.

  1. Bonus dan tunjangan

Menjadi hak karyawan untuk mendapatkan bonus dan tunjangan. Ini adalah bentuk pendapatan tambahan yang diberikan perusahaan atas prestasi yang telah dicapai oleh karyawannya. Setiap perusahaan memiliki besaran bonus dan tunjangan yang berbeda – beda. Cobalah untuk mengetahui dua hal ini ketika akan melamar pada suatu perusahaan. Jangan sampai, ketika Anda sudah menjadi pegawai atau karyawan nanti, ternyata perusahaan tidak memberikan bonus atau tunjangan.

  1. Jam kerja

Hal yang tidak kalah penting dari besaran gaji yang diberikan oleh perusahaan adalah jam kerja yang akan dilakoni nantinya. Setiap perusahaan biasanya memiliki aturan jam kerja yang berbeda – beda. Untuk itu, pastikan untuk mengetahui jam kerja yang diterapka oleh perusahaan tersebut. Ada beberapa perusahaan yang jam kerjanya tidak pasti, bisa bertukar shift, ataupun jadwal yang mutlak dan harus ditepati oleh semua karyawan.

  1. Asuransi

Mungkin asuransi menjadi salah satu hal yang masih diremehkan oleh pelamar. Padahal, hal ini mempunya manfaat yang tidak sedikit ketika Anda sudah menjadi karyawan atau pegawai nantinya. Apabila sebuah perusahaan mampu memberikan asuransi yang lengkap, maka ini akan membuat hidup Anda terjamin nantinya. Akan lebih baik jika Anda bekerja di perusahaan yang mampu memberikan asuransi bagi karyawannya.

  1. Jumlah cuti

Ini mejadi salah satu hal yang harus diketahui oleh setiap pelamar. Jumlah cuti yang berhak didapatkan dalam perusahaan tersebut. Penting halnya untuk mengetahui mekanisme pengajuan cuti, dan cuti khusus seperti cuti melahirkan dan cuti hamil. Apabila Anda mengenal orang dalam, tidak ada salahnya untuk bertanya bagaimana jatah cuti bisa dimanfaatkan dalam perusahaan tersebut. Tidak semua perusahaan memiliki jumlah cuti yang sama. Sehingga, sangat penting untuk mengetahu jumlah cuti yang diberikan oleh perusahaan.

Berbagai sumber.