Indonesia darurat daging sapi

Pada tahun 2016 ini, pemerintah indonesia melalui kementerian peternakan (kementan) telah memiliki program guna menekan jumlah import tahun ini yaitu membangun sentra peternakan rakyat (SPR) di seluruh indonesia dan pengadaan 50.000 ekor sapi indukan. Dana sebesar Rp 2,3 triliun untuk SPR dan Rp 1,5 triliun untuk pengadaan sapi indukan telah telah masuk dalam APBN 2016, kedua program ini di usulkan mendapatkan tambahan anggaran lagi guna tercapainya dan meningkatnya populasi sapi dalam negeri.

 

 

Menurut sumber yang admin baca, program SPR akan dibangun di 50 kabupaten dan di 17 provinsi seluruh indonesia. Pembangunan tiap SPR membutuhkan anggaran kurang lebih Rp 1,2 miliar. Setiap SPR akan diisi oleh 1.000 ekor sapi indukan milik para peternak rakyat dan ditambah dari pengadaan sapi indukan impor yang dilakukan pemerintah.

Populasi sapi di Indonesia saat ini hanya sekitar 12,36 juta ekor, menyusut lebih dari 3 juta ekor dalam 3 tahun. Pada 2012 populasi sapi di Indonesia masih 15,98 juta ekor.‎ Karena itu, Indonesia membutuhkan banyak sekali sapi indukan untuk meningkatkan populasi sapi dan mencapai swasembada daging sapi.

Peternakan dan pusat pelatihan industri sapi poton