Bisnis Tanpa Modal Besar? Bisa!

Banyak kawula muda yang memiliki ide yang segar, dan memiliki niat yang bulat. Mereka – mereka ini cocok untuk menjadi seorang pengusaha. Memulai bisnis memang dituntut untuk mempunyai keberanian yang tinggi. Anda harus siap untuk tidak mendapatkan penghasilan ketika baru terjun ke dalam dunia bisnis. Selain itu, Anda juga harus siap bersaing dengan bisnis lain yang sudah lebih dulu memiliki kesuksesan. Salah satu rintangan yang tidak bisa dipungkiri lagi adalah cara mendapatkan dana yang nantinya akan digunakan untuk modal awal.

 

 

Ketika seseorang menjalankan suatu bisnis, pasti ada beberapa hal yang perlu dipikirkan terlebih dahulu seperti; peralatan yang menunjang,  lisensi atau izin, biaya operasional, karyawan, dan masih banyak lagi.

Tentu saja, semua ini memerlukan dana yang tidak sedikit. Ada berbagai solusi yang dapat diterapkan untuk meminimalisir kebutuhan modal awalmu.

  1. Merilis website perusahaan

Sebagai awal mula suatu usaha, tentu sangat membutuhkan perjuangan sampai Anda bisa menemukan model bisnis yang paling cocok dengan bisnis yang dijalankan. Anda akan memerlukan sebuah halaman blog atau web untuk menarik minat dari para calon konsumen. Hal ini akan membantu Anda dalam mengenalkan produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Kalau saja web yang Anda buat terlihat menarik dan bisa semakin dikenal orang, Anda bisa saja mendapatkan pemasukan tambahan seperti iklan. Sekarang ini, ada berbagai situs yang akan mempermudah Anda untuk membuat blog atau web perusahaan. Tidak harus membuat blog atau web yang ribet, cukup yang sederhana namun memiliki informasi yang jelas.

  1. Meminimalisir kebutuhan biaya operasional

Hal yang satu ini tergantung dari model bisnis apa yang akan dijalankan. Jauh lebih baik jika Anda menjalankan suatu bisnis yang jelas sudah dipahami dengan baik. Anda bisa saja menjadi satu – satunya karyawan, sehingga Anda tidak perlu kebingungan untuk menggaji pegawai. Selain itu, Anda juga tidak perlu adanya kantor khusus. Anda bisa saja bekerja di rumah. Sedangkan untuk lisensi sendiri, hal yang satu ini sangat bergantung pada bidang dan skala bisnis yang Anda kerjakan. Tidak semua bisnis memerlukan lisensi di awal usaha.

  1. Mencari dana dari luar

Ketika Anda memerlukan tambahan dana bisnis, ada berbagai macam pilihan yang bisa diandalkan. Salah satunya adaah dengan mengajak teman yang memiliki satu visi – misi yang sama dengan Anda untuk membangun bisnis dengan bersama – sama.

Tidak usah malu untuk meminjam uang dari keluarga maupun sahabay Anda. Karena hanya merekalah orang – orang yang ada di dekat Anda. Selain itu, Anda juga bisa meminjam uang lewat bank. Perlu diperhatikan bahwa bank mengajukan berbagai syarat yang harus dipenuhi.

Berbagai sumber.