Berbagai Keuntungan yang Akan Anda Dapatkan dengan Beternak Sapi Brahman

Salah satu jenis sapi potong terbaik di Indonesia adalah Sapi Brahman. Walaupun Sapi Brahman merupakan jenis sapi potong terbaik, rupanya Sapi Brahman bersaing dengan sapi bali dan sapi limosin. Sapi Brahman merupakan salah satu jenis sapi yang berasal dari India. Sapi brahman mengalami perkembangan yang lebih lanjut di Peternakan Amerika. Ketika Sapi Brahman dibawa dari India, sapi ini memiliki perawakan yang tidak terlalu gemuk. Namun, karena terdapat perkembangan yang dilakukan di Amerika, Sapi Brahman jadi memiliki badan yang lebih berisi. Karena hal inilah, banyak orang yang memesan Sapi Brahman untuk diternak di berbagai belahan dunia.

 

 

Sapi Brahman memiliki kulit yang menjuntai dan punuk yang cukup besar. Di bagian bawah kepala dari Sapi Brahman, Anda bisa melihat gelambir yang sangat lebar dan sangat besar. Karena sudah mengalami perkembangan, tubuh Sapi Brahman memiliki ukuran yang sangat besar. Apabila Anda membandingkan Sapi Brahman dengan sapi lokal seperti sapi madura dan sapi bali, Anda akan melihat dengan jelas bagaimana perbedaannya. Sapi lokal, hanya memiliki bobot sekitar 500 kg saja. Namun, Sapi Brahman bisa mencapai bobot 1 ton. Karena berat badannya yang fantastis, hal ini yang membuat Sapi Brahman menjadi sapi terbaik untuk dijadikan ternak sapi potong. Sapi Brahman memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik. Sehingga, tidak perlu khawatir dengan kesehatan Sapi Brahman. Salah satu penyakit yang paling sering menyerang sapi adalah penyakit caplak. Pada sapi lokal, penyakit ini sangat sering menyerang mereka. Namun, penyakit ini berhasil ditangkal oleh daya tahan tubuh dari Sapi Brahman. Biasakan untuk memberikan pakan dengan kualitas terbaik. Sapi Brahman memang tetap bisa berkembang dengan baik jika diberi pakan kualitas rendah. Namun, Anda akan merasakan dampaknya, ketika Sapi Brahman sudah dipotong. Untuk mendapatkan kualitas daging sapi yang terbaik, pastikan Anda memberikan yang terbaik pula.

Sapi Brahman memiliki dua jenis. Adalah Sapi Brahman Cross dan Sapi Brahman Amerika. Sapi Brahman Cross merupakan sapi yang diperoleh dari persilangan Sapi Australia dan Sapi Brahman Amerika. Jenis sapi asal Australia yang digunakan adalah jenis Shorthorn dan Hereford. Banyak peternak asal Australia yang mencoba untuk menyilangkan berbagai jenis sapi. Ada salah seorang peternak yang menyilangkan sapi droughmaster dengan sapi brahman. Persilangan ini dilakukan untuk memperoleh manfaat darah sapi terbaik. Diharapkan, peranakannya nanti mampu memiliki tingkat kemiripan hingga 80% dengan Sapi Brahman Amerika.

Yang kedua adalah Sapi Brahman Amerika. Saat ini, Sapi Brahman Amerika menjadi salah satu jenis sapi yang digemari oleh banyak peternak. Negara pengimpor sapi jenis Brahman Amerika ini adalah Australia dan Eropa. Rupanya, banyak peternak yang setuju bahwa Sapi Brahman Amerika merupakan sapi yang cocok untuk dijadikan sapi persilangan dengan jenis sapi lain yang ada di penjuru dunia.