Berbagai Faktor yang Harus Diperhatikan Agar Sapi Selalu Sehat

BhumiAndhini.com Salah satu hal yang sering dikhawatirkan banyak orang saat akan beternak adalah penyakit yang mampu menyerang hewan ternak. Perlu dilakukan berbagai cara agar hewan ternak tidak terserang berbagai macam penyakit. Pencegahan dilakukan sedemikian rupa untuk menghindari pengobatan. Hal ini dikarenakan biaya yang digunakan untuk berobat lebih tinggi dibandingkan untuk melakukan pencegahan.

 

 

Lalu, apa yang harus dilakukan agar ternak terhindar dari berbagai macam penyakit? Berikut ini ulasannya.

  1. Memanfaatkan Kandang Karantina

Apabila Anda memiliki bakalan sapi baru, akan lebih baik jika sapi tersebut dikarantina di kandang terpisah dengan sapi lainnya. Hal ini bertujuan untuk memantau berbagai hal pada sapi tersebut. Ketika Anda membeli bakalan sapi di pasar, Anda tidak akan tahu apakah sapi tersebut terkena penyakit atau tidak, bagaimana caranya untuk beradaptasi, dan lain sebagainya. Ketika sapi baru dikarantina, disarankan untuk memberikan obat cacing. Hal ini dikarenakan, sebagian besar sapi yang ada di Indonesia (terutama sapi rakyat) menderita cacingan. Pada dasarnya penyakit ini memang bukanlah penyakit yang mematikan. Namun, penyakit ini akan membuat proses penggemukan sapi jadi terhambat. Cacing yang ada di dalam tubuh sapi akan menyerap berbagai nutrisi yang diberikan pada sapi. Waktu yang cocok untuk mengkarantina sapi ialah satu minggu untuk sapi yang sehat. Untuk sapi yang sakit, diperlukan waktu hingga sapi tersebut benar – benar sembuh. Hal ini bertujuan agar penyakit yang diderita oleh sapi baru tidak akan menular pada sapi lainnya.

  1. Melakukan vaksinasi

Penting halnya untuk melakukan vaksinasi pada tiap bakalan sapi baru. Vaksinasi ini tidak perlu diberikan selama sapi hidup, namun cukup ketika sapi dikarantina saja. Terdapat berbagai penyakit berbahaya yang diam – diam akan menyerang sapi. Para pakar mengatakan bahwa vaksinasi yang wajib dan penting untuk dilakukan adalah vaksinasi Anthrax. Vaksinasi yang satu ini benar – benar tidak boleh dilewatkan oleh tiap hewan ternak. Terdapat berbagai vaksinasi lain yang bisa dilakukan seperti vaksinasi penyakit mulut dan kuku, vaksinasi cacingan, vaksinasi kembung (bloat), dan berbagai jenis vaksinasi lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, tidak hanya teknologi saja yang berkembang. Bakter dan virus juga mengalami perkembangan yang harus diwaspadai.

  1. Menjaga kebersihan kandang sapi dan sapi itu sendiri

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh para peternak secara rutin adalah membuat kandang sapi dan bakalan sapi selalu bersih. Apabila Anda menggemukkan sapi dengan intensif, maka sapi akan menghasilkan kotoran yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan jumlah pakan yang diberikan pada sapi lebih banyak dari biasanya. Sehingga, penting halnya untuk menjaga kebersihan ternak secara intensif. Dalam sehari, setidaknya peternak harus membuang kotoran yang ada di kandang sapi. Hal ini bertujuan agar virus dan bakteri yang ada dalam kotoran tidak akan berkembang biak menjadi penyakit.